11 Tempat Wisata Di Demak yang Menarik Dikunjungi

Tentang Tempat Wisata 204 views

Singgahi.com – empat wisata di Demak sangat banyak sekali, mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata bernuansa air, hingga wisata bernuansa religi. Hmm, banyak sekali kan, ragam tempat wisata di Demak ini ? Tempat tempat wisata yang ada di kota ini tentu saja wajib kamu kunjungi baik bersama keluarga atau bersama teman teman.

Demak biasa dikenal juga sebagai kota Wali, karena banyak para wali yang berasal dari kota ini. Demak merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang letaknya di pesisir provinsi Jateng. Tempatnya yang staregis,yang di apit oleh dua provinsi besar , Jawa Barat dan Jawa Timur. Menjadikan Kota ini merupakan salah satu kota yang banyak dikunjungi dari berbagai daerah. Termasuk oleh wisatawan asing.

Kemudian, Demak juga memiliki lokasi yang berdekatan dengan kota yang memiliki destinasti wisata yang beragam juga. Seperti Jepara, Semarang dan Kudus. Sehingga ini merupakan destinasti wisata yang menarik. Setelah berkunjung dari Demak, kamu bisa mengunjungi tempat wisata lainnya. Atau jika kamu sedang berada di kota yang dekat dengan demak, boleh tuh mampir dulu ke Kota yang satu ini.

Baca : Oleh Oleh Khas Demak yang Menarik

Oke, barangkali ada teman-teman yang sedang mencari reverensi Tempat wisata di Demak. Maka pada kesempatan kali ini Singgahi.com akan mengulasnya. Mari simak penjelasan berikut ini.


Tempat Wisata di Demak yang Menarik


1. Wisata Bahari Pantai Morosari Demak


Tempat wisata di demak yang menjadi rekomendasi pertama adalah Pantai Monosari. Pantai ini sangat cocok dikunjungi oleh kamu yang suka dengan pemandangan pantai. Pantai Morosari merupakan pantai yang indah di Demak.

Pantai ini masih sepi pengunjung jika hari hari biasa. Hal ini kaena belum banyak orang yang tau tentang keindahan pantai Morosari. Karena belum terlalu ramai, sehingga cocok jika ingin menenangkan diri setelah melakukan padatnya aktifitas di perkotaan.

Tempat Wisata Di Demak

 

Pantai morosari biasanya ramai pada hari hari tertentu saja, seperti pada Hari Raya Idul Fitri. Kerena pada saat hari raya ini, ada tradisi balap perahu dayung yang disertai dengan ritual sedekah laut. Tradisi itu biasa disebut dengan tradisi Syawalan. Dan orang Demak sendiri banyak yang menyebutnya Loman.


2. Brown Canyon Demak


Saking kayanya alam Indonesia, ternyata Demak juga memiliki wisata alam yang sangat menarik. Tidak kalah dengan tempat-tempat wisata di luar negri. Jika di Amerika ada Grand Canyon, maka di Demak ada Brown Canyon.

Tempat wisata di demak yang satu ini dulunya adalah tempat untuk pertambangan, dan menariknya sekarang tempat ini malah enjadi tempat wisata karena bekas dalammnya galian pertambangan. Dan saat ini tempatnya malah jadi semakin indah. Terlihat juga bukit bukit yang indah bekas galian proyek pertambangan ini. Karena unik dan indahnya lokasi yang satu ini, tak aneh tempat ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Dan banyak orang yang menyamainya dengan Grand canyon amerika.

Oleh Oleh Khas Gorontalo

 

Tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, pasangan atau bersama teman-teman dekat. Yang menjadikan tempat ini menarik adalah usia bangunannya yang sudah berumur tua sekitar 500 tahunan. Namun kostruksinya masih tetap kokoh.


3. Wisata Religi Masjid Agung Demak


Objek wisata berikutnya adalah Masjid Agung Demak. Tempat yang satu ini juga bisa dijadikan tempat wisata di demak yang bisa kamu kunjungi. Bagi kamu yang ingin mengenal Indonesia jauh lebih luas, terutama perkembangan Islam di Demak. Tempat yang satu ini sangat direkomendasikan.

Mesjid agung demak ini merupakan peninggalan Wali Songo dan juga sultan Fatah. Sejarah yang ada bukan hanya tentang pendiri masjid ini saja. Namun dari segi kontruksi bangunan, ternyata masjid agung ini memiliki filosofii tersendiri. Seperti adanya 3 Trap, yang mengartikan sebagai Iman Islam dan Ikhsan.

Kemudian masjid agung Demak memiliki 4 tiang penyangga yang dibuat langsung oleh Wali serta 8 tiang penyangga serambi masjid dimana merupakan pemberian raja majapahit. Dari unik dan bagusnya rancangan masjid, memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain itu juga memberikan insfirasi tersendiri bagi perkembangan bangunan masjid yang ada di Indonesia.


4. Wisata Budaya dan Religi Museum Masjid Agung Demak


Setelah berwisata atau beribadah di Masjid Agung Demak, kamu jangan tinggalkan tempat wisata di demak yang tempatnya maisih berdekatan dengan Masjid Agung Demak. Disana ada museum yang letaknya di sebelah utara masjid.

Di Dalam Museum Masjid Agung Demak terdapat berbagai macam benda benda bersejarah. Seperti ada pintu Masjid Agung yang pertama kali awal di bangun. Bedug, Kitab-kitab, gentong-gentong dan ada juga serat-serat yang ditulis langsung oleh beberapa Wali atau Sultan. Selain itu ada juga miniatur bangunan masjid disertai juga dengan ilustrasi bentuk bangunan masjid sejak kali pertama berdiri 500 tahun lalu. Yang kemudian telah direnivasi dan dilakukan perbaikan hingga sekarang.


5. Berziarah ke Makam Sunan Kelijogo Demak.


Masih dengan wisara religi di Kota Demak. Kamu bisa berziarah ke makam Sunan Kalijogo yang populer merupakan salah satu wali yang menyebarluaskan ajaran Islam di Pulau Jawa. Beliau dikenal dengan penyampaiannya yang bijak dan ramah. Teknik penyampaian dakwahnya yaitu dengan cara membungkusnya lewat kebudayaan seperti kesenian wayang dan tembang-tembang Jawa. Makan Kalijogo terletak tidak terlalu jauh dari masjid Agung Demak, hanya sekitar 4 km dari masjid agung Demak.

Lihat juga : Tempat Wisata Di Gorontalo


6. Wisata Alam Hutan Mangrove Morosari Sayung Demak


Sekarang kita beralih ke tempat wisata yang bernuansa alam. Di Demak ternyaata ada tempat wisata yang indah seperti ini. Pemandangan hutan mangrove dapat kamu nikmati dengan keindahan alam disekitaran tempat ini. Letak Hutan Mangrove atau tembakau ini berada di Desa Bedono Kecamatan Sayung kabupaten Demak.

Tempat wisata di Demak yang satu ini paling enak jika dinikmati pada saat sunset datang. Sambil menikmati keindahan alam yang asri dan terbilang ramah. Hawanya yang sejuk dan bisikan daun pepohonan, membuat para pengunjung ingin berlama lam di tempat ini. Belum lagi hawa laut yang menggoda, ditemani juga ratusan bangau putih yang beterbangan dan ada juga yang bertengger. Sekain lengkap keindahan  Hutan Mangrove ini.

Untuk memasuki kawasan wisata ini ada dua cara. Pertama kamu bisa menggunakan perahu dan yang kedua bisa menggunakan kendaraan bermotor. Jika menggunakan perahu, kamu harus mengeluarkan ongkos sekitar 50 sampai 70 ribu rupiah.

Kemudian ketika memasuki kawasan ini, ada beberapa pantangan yang harus dipatuhi. Diantaranya harus menjada kesopanan termasuk mengenakan pakaian yang sopan. Dan untuk pasangan yang memasuki kawasan rimba mangrove ini dilarang bergandengan tangan. Karena di dalam area ini ada makan Syekh Abdullah Mudzakir.


7. Agrowisata Jambu Merah Delima dan belimbing Demak


Belimbing merupakan buah yang sudah terkenal menjadi khas kota Demak. Sehingga ketika kamu berada di Demak, atau akan mengunjungi Kota Demak. Berkunjung ke area agrowisata Demak merupakan salah satu hal yang menarik. Berkunjung ke tempat agrowisata sama saja berkunjung ke tempat wisata di Demak.

Bagi kamu yang berminat berkunjung ke kawasan agrowisata Demak, untuk berburu belimbing khas Demak dan Jambu Merah Demak, kamu bisa pergi ke daerah Keluraha Betokan Kecamatan Demak, Kabupaten Demak.


8. Sentra Kerajinan Batik Demak


Tidak hanya Kota Solo yang mempunyai kerajinan batik. Ternyata Demak juga memiliki batik khas tersendiri. Banyak motif yang dibuat oleh ppengrajin asli Kota Demak. Salah satu motif yang paling diminati banyak orang adalah motif masjid ( Masjid Agung Demak ).

Kamu bisa mengunjungi langsung tempat pengrajin batik Demak. Ini sama saja berkunjung ke tempat wisata di Demak, kamu bisa tanya tanya langsung filosofi atau makna yang ada pada batik tersebut. Tentunya ini akan menambah wawasan pengetahuan seputar Keragaman Indonesia.

Batik khas Demak bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan atau oleh oleh khas demak untuk keluarga di rumah atau untuk kerabat lainnya.


9. Sentra Kerajinan Kaligrafi Demak


Sebagai Kota Wali, Demak terdengar dengan nuansa religiusnya. Sehingga di kota ini banyak juga pengrajin kaligrafi. Kamu bisa menemui pengrajin-pengrajin kaligrafi di sekitaran kawasan Masjid Agung Demak. Kaligrafi ini juga sangat bagus untuk dijadikan oeleh oleh sebagai pajangan di rumah.


10. Sentra Pengrajin Rebana Demak


Selain kaligrafi, Demak juga terkenal sebagai sentra pembuat rebana. Rebana merupakan alat musik yang digunakan sebagai pengiring solawatan. Alat musik ini selalu identik dengan kebudayaan Islam. Sebenarnya Rebana merupakan alat musik yang beraal dari Timur Tengah. Namun pada saat ini Rebana sudah menjamur di Indonesia. Bahkan banyak juga Kontes-kontes rebana yang ada di Kita.

Jika kamu mengunjungi tempat wisata di Demak ini, kamu akan diberi pengetahuan dan dikenalkan pada jenis-jenis alat musik rebana tersebut. Sehingga akan memberi pengetahuan yang menarik tentang ragamnya kebudayaan Indonesia.


11. Tradisi Gerebek Pasar Demak


Di Demak ada tradisi Gerebek Pasar. Dan ini bisa dijadikan sebagai tempat wisata di Demak. Sayangnya gerebek pasar tidak dilakukan setiap hari. Untuk menjumpai tradisi yang satu ini, kamu harus datang ke Kota Demak pada bulan Djulhijah, tepatnya pada saat bulan haji. Tradisi Gerebek Pasar puncak acaranya yaitu pada saat malam hari raya idul adha.

Pada malam itu ada kegiatan arak-arakan tumpeng songo yang di mulai dari pendopo Kabupaten Demak menuju Masjid agung Demak. Setelah acara pengajian selesai maka dilanjut dengan acara makan-makan bersama dengan hidangan tumpeng yang di arak-arak tadi.


Baca juga :

Wahh banyak kan tempat tempat wisata di Demak yang mearik dikunjungi? Sudahkan terlintas mau berkunjung ke mana? Silahkan dipilih salah satu tempat wisata di demak yang ingin kamu kunjungi. Lebih dari satu juga tidak masalah selagi kamu punya waktu lauang dan budget lebih. Selamat berlibur di Demak.

Tags: #Demak

Nur Auliani
Penulis : 
Lakukan sebisa mungkin, selagi masih hidup. Menulis juga melakukan sesuatu kan? Mari menulis, tunjukkan nusantaramu.