Oleh Oleh Khas Raja Ampat Yang Unik Dan Filosofis

Tentang Oleh Oleh 208 views

Singgahi.com – Raja Ampat terletak di sebelah timur indonesia, yang terkenal dengan pantai-pantainya dan keindahan bawah laut yang eksotis. Raja ampat yang kaya dengan dunia bawah lautnya, terumbuk karang, ikan-ikan penuh warna dan hiu karpet dengan keunikannya menjadi hiasan bawah laut yang menawan. Hingga mejadikan pulau raja ampat ini sebagai tempat snorkling terbaik di dunia.

Namun ada hal lain yang jangan sampai anda lewatkan ketika berlibur ke raja ampat, salah satu yang akan membuat  anda terkesan juga adalah oleh oleh khas raja ampat dengan berbagai kerajinan tangan yang unik-unik dan penuh filosofi serta berbagai aksesoris dan pernak pernik yang menawan.

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu tempat tanpa mendapatkan ciri khas dari daerah tersebut, maka dari itu untuk kalian-kalian yang berencana liburan ke raja ampat dan mungkin sekarang sedang berlibur di raja amapat, janagn ketinggalan oleh-oleh souvenir kerajinan tangan apa saja yang mesti kalian beli.

Berikut adalah beberapa oleh oleh khas raja ampat yang unik penuh filosofi :


Aneka Oleh Oleh Khas Raja Ampat Yang Unik


1.    Patung suku asmat

Patung suku asmat merupakan salah satu kerajinan tangan asli dari papua tentunya, asmat memang dikenal  sebagai suku yang mempunyai selera seni yang tinggi dari seni ukir patungnya, sudah sejak 1. 700 silam mereka membuat patung asmat sebagai kesenian yang mereka gemari, maka tidak heran jika seni ukirnya banyak diminati orang-orang untuk dijadikan oleh oleh khas Raja Ampat sebagai koleksi. patung asmat dimana lagi yang menjual selain hanya ada di papua, untuk kalian yang berkunjung ke papua jangan disia-siakan berwisata ke tanah timur Papua ini.


2.    Ukulele, Seruling Dan Tifa

Souvenir yang satu ini merupakan jenis alat musik, untuk kalian yang suka bersenandung dengan alunan musik, maka souvenir ini wajib kalian bawa beli ketika berkunjung ke Raja Ampat.
–    Ukulele merupakan jenis alat musik petik yang digunakannya mirik dengan gitar namun bentuk dari ukulele sendiri lebih kecil dari gitar pada umumnya, alat musik yang satu ini sudah dikenal beberapa abad lalu tepatnya awal abad ke- 19.
–    Tifa merupakan alat musik seperti dengan gendang
–    Alat musi yang satu ini spertinya sudah tidak asih bagi penggemar dangdut, seruling oleh oleh khas Raja Ampat tentunya memiliki perbedana dari suara yang dikeluarkan dan bentuknya.


3.    Topeng

Topeng topeng khas raja ampat yang memiliki filosofi mendalam yang menggambarkan orang papua dan budayanya, topeng ini memiliki ukuran yang tidak biasa, ukuran dari topeng ini mencapai tiga kali muka orang dewasa. Hal unik lagi dari topeng ini terletak pada hidung dan bagian matanya.

Anda dapat menemukan topeng-topeng berukuran besar ini di toko-toko souvenir oleh oleh khas raja ampat yang menempel pada tembok-tembok toko, anda bisa membelinya dengan harga sekitar Rp. 300.000 sampai Rp. 1.000.000,-. Harga yang cukup fantastis namun kapan lagi anda dapat membeli barang seunik topeng ini dan berasal dari timur indonesia yang kental akan budayanya.

Baca juga : 10 wisaata alam raja ampat yang paling indah


4.    Topi

Topi-topi oleh oleh khas raja ampat yang satu memiliki keunikan dari bahan yang digunakan, bahan yang digunakan dari pembuatan topi ini terbuat dari daun pandan, dengan warna-warni seperti warna merah, kuning, hijau dan hitam menambah kesan menawan pada topi khas raja ampat ini.

Warna hitam yang dihasilkan dari daun pandan dan ditimbun ddalam tanah selama dua haru lalu direbus dengan daun mamro sehingga menghasilkan warna hitam. Dan warna merah yang dihasilkan dari akar mengkudu, serta warna lainnya dari pewarna wantek, pewarna pakaian.

Betuk dari topi ini sedikit aga besar dari topi pada umumnya, bentuk dari topi ini seperti ikan pari yan anda bisa lihat di bawah laut sekitaran Pulau Arborek. Bentuk topi yang lebar bisa membuat anda terlindung dari sinar matahari dan tentunya anda tetap gaya memakainya. Harga dari topi unik dan keren ini sekitar Rp. 250.000, cukup sebanding lah dengan proses pembuatannya dan keunikan yang dimiliknya.


5.    Batik Raja Ampat

Bati raja ampat, nampaknya akan menjadi salah satu kain yang menjadi kekayaan dari keberagaman batik di Indonesia, seperti halnya dengan batik-batik di daerah lain yang memiliki motif sesuai dengan keberagaman alam ataupun khas dari daerah tersebut, Raja Ampat menjadikan keindahan bawah laut sebagai motifnya.

batik raja ampat ini jangan sampai ketinggalan sebagai oleh oleh khas raja ampat yang menjadi daftar oleh oleh untuk dibawa pulang.

raja ampat


6.    Tas  Noken

Tas noken, oleh oleh khas raja ampat ini memiliki keunikan dala pemakaiannya, warga setempat biasa memakai tas noken ini talinya dikalungkan pada kepala, anda siap berani tampil beda di daerah kamu dengan tas dikalungkan di kepala ?

raja ampat


7.    Kain tenun ikat dan bandar

Tidak hanya kotka kain penduduk asli dari papua namun masih ada beragam pakaian yang mencirikan dari daerah ini. Kain yang satu ini merupakan kain khas tradisional raja ampat yan biasa digunakan oleh masyarakat setempat.


8.    Aksesories

raja ampat

Untuk kalian yang suka dengan aksesoris antik dan cantik-cantik da pernak poernik lainnya untuk untuk koleksi , toko-toko oleh oleh khas raja ampat menjual berbagai piring kuno untuk hiasan atau bisa juga jika digunakan sebagai mas kawin dengan hargasekitar 1 jt rupiah. Memang mahal namun memiliki hal yang terkandung didalam piring tersebut memiliki perlambang strata sosial bagi pemiliknya.di art shop Weigeo, Wasai dan desa-desa wisata anda bisa membeli berbagai aksesoris dan pernak pernik kerajinan khas raja ampat.

Baca juga artkel lainnya :


Demikian itulah beberapa oleh oleh khas raja ampat yang memiliki keunikan dan filosofis, untuk kalian yang sedang merencanakan liburan ke raja ampat atau sekarang sedang berlibur di raja ampat ayo singgahi toko-toko yang menyajikan beragam oleh oleh khas raja ampat, jangan sampai ketinggalan.

Tags: #Raja Ampat

Wahyu Ramadhan
Penulis : 
Puncak memang tempatnya untuk membayar semua kelelahan yang telah dilalui. Membaca dan menulis menjadi pelampiasan agar lebih produktif lagi. Bisa di ajak berbincang lewat email : wahyuramadhan[at]singgahi.com