Oleh Oleh Khas Bengkulu Yang Populer Dan Melegenda

Tentang Oleh Oleh 285 views

Singgahi.com – Bengkulu merupakan kota terbesar kedua setelah Kota Padang di Pantai Barat Pulau Sumatra. Ada yang menjadi daya tarik dari kota bengkulu ini yang pertama dari pantainya yaitu pantai panjang yang memiliki paronama alam yang menyejuka mata dan bunga yang menjadi kebanggaan kota bengkulu yaitu bunga raflesia arnoldi, bunga yang langka sulit ditemukan didaerah lain namun tumbuh subur sepanjang tahun di kota bengkulu. Bahkan Bungu Raflesia ini terdapat di logo Provinsi Bengkulu. Namun jika berkunjung ke Bengkulu kalian janagn lupa juga dengan keberagaman lainnya yang kalian bisa bawa sebagai oleh oleh khas bengkulu.

Bunga Raflesia dan Pantai Panjang yang menjadi iconnya menjadikan banyak para wisatawan yang ingin berkujung ke Kota Bengkulu, begitupun ketika mereka hendak meninggalkan kota bengkulu wisatawan mencari yang menjadi khas lain di kota bengkulu dari makanan ataupun oleh oleh khas bengkulu sebagai buah tangan ketika pulang meninggalkan kota bengkulu, dalam artiel kali ini kami akan memeberitahukan apa saja oleh oleh khas bengkulu yang wajib kalian bawa ketika singgah di bengkulu.

Baca Juga artikel tentang : Makanan Khas Bengkulu yang Unik


Aneka Oleh Oleh Khas Bengkulu yang Populer


1. Kue Perut Punai

oleh oleh khas bengkulu

Perut Punai merupakan makanan khas bengkulu yang cukup unik karena makanan ini namanya diambil dari jenis burung, penamaannya karena kue punai ini menyerupai dengan perut dari Burung Punai itu sendiri yang mempunyai bentuk unik melilit-lilit melingkar.

Proses dan bahan baku dari kue punai yaitu terigu yang sebelum dijadikan adonana di sangrai terlebih dahulu hingga mengeluarkan aroma yang khas dan menjadikan adonan jadi tahan lama dari segi pengawetannya. Makanan khas ini memiliki dua varian rasa diantaranya ada original dan manis.

Kalian bisa menemuinya oleh oleh khas bengkulu ini di toko oleh-oleh yang beberjajaran di pinggir jalan Soekarno-Hatta dengan harga yang cukup murah sekitar Rp. 10.000/bungkus kalian sudah bisa membawanya dan merasakan cita rasa yang khas dari perut kue punai ini, jangan sampai ketinggalan karena makanan ini belum tentu ada di daerah lain.


2. Lempuk durian

oleh oleh khas bengkulu

Letak geografi bengkulu menjadikan perkebunan dibengkulu tubuh subur dan sehat, salah satu hasil perebunan yang potenisal di Bengkulu adalah durian, sudah sejak lama makanan ini menjadi oleh oleh khas bengkulu.

Masyarakat setempat berinovasi mengembangkan potensi durian sebagaia olahan yang memiliki ketahanan untuk disimpan sehingga orang-orang bisa memakan dan menyimpannya jangka panjang. Makana ini seperti halnya dodol dengan bahan baku dari daging durian dan tepung gandum.


3. Manisan terong

oleh oleh khas bengkulu

Olahan yang satu ini olahan yang bisa dikatakan rasanya mirip dengan buah khas dari Timur Tengah yaitu Kurma, yaa kemiripannya dengan kurma dari teksturnya yang legit dan rasanya yang manis menjadikan makanan yang satu ini cukup menarik perhatian, selain bahan bakunya yang berasal dari Sayuran Terong ungu. Berbeda dengan olahan yang umumnya biasa dijadikan sayur atu oseng-oseng oleh ibu-ibu.


4. Kue Tart

oleh oleh khas bengkulu

Makanan yang satu ini bisa dibilang makanan cukup elit karena merupakan makanan yang biasa dihidangkan bagi Raja Bengkulu, begitupun banyak sekali julukan bagi makanan ini seperti julukan dari Bengkulu selatan (Juada Tat) dan panggilan dari Suku Lembak (Joda Tat).

Kue tat sendiri memiliki kemiripan dengan kue tar dari Negar-Negara Luar namun kue Tart yang satu ini merupakan makanan Khas asli dari bengkulu. Makanan yang berbahan tepung gandum, mentega, gula pasir dan telur menciptakan tekstur lembut pada makanan kue ini.

Memiliki bentuk persegi empat dengan tekstur kue yang lembut dan sedikit krunch dengan baluran selai nanas diatasnya sebagai toping sangat menggugah selera ketika melihatnya.

Begitupun dengan cita rasa manis yang lembut menjadikan makanan ini spesial untuk dicoba, pantas jika makanan ini dijadikan sebagai sajian bagi para Raja Bengkulu dan dijadikan sebagai oleh oleh khas bengkulu.

Untuk kalian yang singgah di Bengkulu atau memiliki keinginan untuk mencobanya kalian bisa membelinya di pusat oleh oleh khas bengkulu di Jln. Soekarno-Hatta.

Oleh oleh khas bengkulu ini cukup tahan lama jadi kalian yang berasal dari daerah yang jauh jangan khawatir akan kadaluarsa sebelum sampai di rumah.

Kalian yang penasaran dengan Manisan yang satu ini untuk dijadikan buah tangan ketika hendak pulang kalian bisa membelinya dengan harga cukup murah sekitar Rp.8000/bks di pusat toko oleh oleh khas bengkulu.


5. Kopi Bengkulu

oleh oleh khas bengkulu

Sumatra memenag terkenal dengan keberadaan kopi di Indonesia maupun Mancanegara. Keadaan kopi yang potensial di bagian Bengkulu menjadikan Kopi sebagai oleh oleh khas bengkulu.

Cita rasa kopi yang khas dan harum mejadikan kopi Bengkulu ini banyak dibeli oleh para wisatawan. Dipusat kota banyak yang menjual kopi bengkulu, di toko oleh-oleh maupun di toko kopi.

Toko-toko menyediakan beragam kemasan untuk dibawa, sehingga banyak pilihan ketika anda ingin membelinya mau bungkusan kecil ataupun bungkus kiloan. Harga disesuaikan setiap bungkusnya.


6. Sirup Kalamasi

oleh oleh khas bengkulu

Beda halnya dengan oleh oleh khas bengkulu lainnya yang satu ini merupakan minuman, tidak kalah menariknya dari oleh-oleh khas yang lain minuman yang satu ini merupakan sirup yang terbuat dari sari jeruk dengan kandungan Vitamin C yang sangat bermanfaat akan kesehatan tubuh menjaga daya tahan tubuh tetap fit.

Sangat spesial lagi minuman ini fleksibel bisa disajikan dingin maupun hangat, sehingga minuman ini sangat cocok disesuaikan dengan berbagia keadaan.


7. Batik Buseh

oleh oleh khas bengkulu

Batik memang merupakan warisan budaya luhur di Indonesia yang keberadaannya, keunikannya di akui oleh Negara-negara luar bahkan UNESCO mengakatakn bahwa batik sebagai warisan Budaya leluhur dunia.

Keberagaman suku di bengkulu menjadikan terciptanya keberagaman kebudayaan pula, salah satu suku yang memadukan tradisi pribumi dengan islam Syiah secara kebudayaan yaiutu Suku Tabut. Keunikan batik buserek menjadikan sebagai salah satu oleh oleh khas bengkulu yang wajib dimiliki.

Batik Buserek, batik yang satu ini berasal dari bengkulu dengan ciri khasnya memiliki motif bunga yang terkenal di bengkulu yaitu Raflesia arnoldi semakin menambah keunikan Khas dari bengkulu dengan dipadu padan kaligrafi ( hiasan huruf-huruf Arab gundul ), ada pula dengan motif paku, burung kuau maupun rembulan.

Batik buserek ini dikerjakan dengan tangan-tangan orang bengkulu dibuat secara manual tanpa menggunakan mesin cetak sehingga kualitasnya terjamin dengan desain-desain yang mendetail, Batik Busereh oleh oleh khas bengkulu ini cocok dijadikan sebagai bahan pakaian maupun sarung menjadi sangat menawan ketika dipakai.


8. Aksesoris Dan Kerajinan Tema Bunga Raflesia

oleh oleh khas bengkulu

Berbagai aksesoris dan kerajianan oleh oleh khas bengkulu yang bisa kamu bawa juga sebagai buah tangan untuk sanak saudara dan kerabat, kerajinan yang banyak ditemui dengan tema bunga Raflesia dari mulai souvenir pernak pernik, tas, T-shirt menjadikan icon dari Bengkulu.

Info untuk sentra oleh oleh khas bengkulu kalian bisa mengunjungi di Kawasan Anggut Atas, Jl Soekarno Hatta, Bengkulu


Baca juga :

Demikian adalah oleh oleh khas bengkulu yang kalian cari dan ingin mencobanya ketika berkunjung ke bengkulu ataupun sebagai buah tangan untuk sanak saudara di daerah lain.

Melestarikan ataupun mengembangkan apa yang menjadi potensi daerah memang bisa menjadi salah satu faktor kemajuan perekonomian di suatu daerah. Dengan keterlibatan satu pihak dengan pihak lain yang saling bersinergi demi terciptanya kemajuan suatu daerah.

 

Tags: #Bengkulu

Wahyu Ramadhan
Penulis : 
Puncak memang tempatnya untuk membayar semua kelelahan yang telah dilalui. Membaca dan menulis menjadi pelampiasan agar lebih produktif lagi. Bisa di ajak berbincang lewat email : wahyuramadhan[at]singgahi.com