Makanan Khas Purworejo yang Unik dan Populer

In Makanan Khas 515 views

Singgahi.com – Purworejo merupakan kabupaten yang terletak di provinsi jawa tengah, kabuaten yang dibatasi Pegunungan Menoreh di bagian timur, Gunung Sumbing dibagian utara dan Pegunungan Serayu Selatan, namun purworejo sendiri memiliki potensinya sendiri, baik dari pariwisata seperti pantai ketawang yang berada di sebelah selatan, panati keburuh, pantai jatimalang dan terdapat Goa- Goa salah satunya Goa Selokarang, karena pemandangan alamnya dan keadaan goa yang masih asri menambah keindahan pada goa tersebut, namun tidak hanya dari wisata alamnya saja, beberapa yang menarik perhatian lagi adalah makanan khas purworejo yang memilki keunikan dan kekhasannya tersendiri.

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke purwerejo tanpa menikmati kulineryang ada di kota ini. Maka dari itu Singgahi.com akan membahas aneka makanan khas purwerejo yang bisa menajakan lidah dan perut para penikmatnya. Makanan khas purworejo yang populer dan unik, dirangkum sebagai berikut :


Aneka Makanan Khas Purworejo yang Populer


1. Cloret

 

makanan khas purworejo

Cloret merupakan makanan khas purworejo tradisional yang berasal dari sebuah kecamatan di purworejo tepatnya di Kecamatan Grabag sebelah barat Kota Purworejo. Daya tarik yang menonjol dari cloret ini adalah memiliki bungkus yang unik, dibungkus menggunakan daun kelapa muda (janur) membentuk kerucut persis seperti terompet aga memanjang.

Makanan yang berbahan dasar dari gula mereh (jawa), tepung beras, dan santan menjadikan rasa dari makanan ini begitu manis dan legit. Cloret memiliki cara makan yang unik juga kalian tidak usah susah payang membuka daun cloretnya, kalin cukup menekannya dari bawah maka cloret akan muncul ke arah atas. Kalian yang penasaran dan ingin mencoba jangan sampai ketinggalan makanan khas dari purworejo ini bisa membelinya di sentranya Kecamatam Grabag atau di pasar tradisional.

Baca Juga : Oleh Oleh Khas Bengkulu Yang Populer


2. Dawet Ireng (Hitam)

makanan khas purworejo

Minuman yang berasal dari Kecamatan Butuh ini merupakan minuman cendol yang sudah mempunyai penggemar di purwokerto. Cendol yang memiliki perbedaan dengan cendol pada umumnya yaitu pada cendol ireng ini memiliki warna yang hitam yang terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka, cairan hitamnya sendiri berasal dari warna alami yaitu jerami pilihan yang dibakar kemudian dilarutkan pada air bersih dan disaring sehinga menghasilkan cairan hitam jerami bakar.

Satu porsi minuman cedol ireng ini biasa di sajikan dengan kucuran sirup gula merah yang manis legit dan santan kelapa yang gurih dengan sensasi dingin dari es sebagai menyejuknya. Sangat menyegarkan sekali ketika dinikmati cuaca sedang panas. Cendol ireng biasa dijual dengan jajanan yang dipanggul ataupun di kedai-kedai.


3. Geplek

makanan khas purwerejo

Geplek merupakan makanan sejenis gorengan yang berbentuk berbundar seperti angka delapan, masyarakat purworejo biasa menyebutnya gelangan. Bahan baku geplek terbuat dari tepung singkong (pati singkong) dan bumbu bawang yang membuatnya harum.

Geplek dengan cita rasa gurih ini disajikan dengan saus kacang menjadi pelengkapnya. Sangat nikmat sekali ketika gepleg ini disantap ketika masih hangat. Bagi kalian yang ingin menyantap makanan gorengan yang satu ini kalian bisa menemuinya di alun-alun purworejo sekitar pasar baledono ataupun pasar jenar.


4. Kue Lompong

makanan khas purworejo

Kata lempong digunakan berasal dari bahasa jawa yaitu “Wit Lempong”.makanan kue Lempong ini berasal dari Kuoarjo, Purworejo.

Kue lompong memiliki cita rasa yang manis dan legit dengan isian kacang tanah yang ditumbu halus, yang menjadi daya tariknya adalah warna dari kue lempong sendiri berwarna hitam pekat, hitam pekat ini berasal dari warna alami yang terbuat dari batang talas yang direbus hingga hancur sampai berwarna hitam.

Adonan yang terdiri dari tepung ketan, tepung merang dan gula dicampurkan dengan warna alami dari batang talas, digunakannya tepung merang akan menghasilkan adonan menjadi hitam pekat. Lempong sendiri dibungkus menggunakan daun pisang.


5. Jenang krasikan

makanan khas purworejo

Jenang kerasikan merupakan makanan khas purworejo yang berbahan baku beras ketan dengan campuran santan dan gula merah, beras ketan yang di tumbuk kasar dan di sangrai menjadikan rasa dan tekstur sedikit kasar pada jenang kerasikan berbeda dengan jenang pada umumnya.

Makanan khas purworejo ini sangat cocok sekali sebagai buah tangan ketika berkunjung ke purwakarta ataupun jajanana yang wajib di coba. Banyak yang menyediakan atau menawarkan jenang kerasikan di pusat oleh-oleh.


6. Sate Winong

makanan khas purworejo

Sate Winong yang menjadi makanan khas purworejo ini sudah ada dari sejak tahun 1960 dan sampai sekarang masih ada bahkan peminatnya bertambah. Yang menjadi khasnya adalah bumbunya berbeda dengan bumbu sate pada umumnya yang mengunakan bumbu kacang, bumbu yang digunakan pada sate winong ini menggunakan bumbu kecap yang terbuat dari rebusan gula jawa dan penguat rasa aromanya menggunakan rempah-rempah irisan bawang merah, daun jeruk dan tambahan cabai rawit yang dihaluskan.

Spesialnya lagi daging yang digunakan dari Sate Winong ini adalah daging Kambing muda sehingga daging yang dihasilkan pemanggangan menjadi lembut dan empuk. Sangat disayang jika makanan khas yang satu ini tidak cicipi.


7. Cenil

makanan khas purworejo

Cenil merupakan makan yang terbuat dari tepung kanji berasal dari pati singkong dengan taburan warna yang berbeda beda menjadikan makanan ni terlihat unik. Makanan khas purworejo ini berbentuk kecil kotak-kotak atau bulat sebesar kelereng, disajikan dengan taburan kelapa dan gula pasir diatasnya menciptakan ras yang manis dan gurih. Tempatnya di pasar tradisional jika kalian ingin mendapatkan makanan yang satu ini.

Artikel lainnya : Makanan Khas Bengkulu yang Unik dan Terkenal 


8. Lanting

makanan khas purworejo

Makanan khas purworejo yang selanjutnya adalah Lanting. Lanting merupakan makana ringan (snack) yang terbuat dari pati singkong dengan bentuk seperti geblek bulat berantai namun lanting bertekstur kering dan warna yang aga keemasan dari proses penggorengan, karena perkembangan jaman lanting menjadi beragam dalam varian rasanya tidak hanya oroginal kini lanting memiliki rasa balado, pedas manis sampai jagung bakar dan bawang. sangat cocok sekali jika dijadikan buah tangan untuk dibawa pulang karena selain karena memiliki banyak varian rasa jangka waktu kadaluarsa juga yang cukup lama.


9. Kupat tahu Purworejo

Makanan khas purworejo yang terakhir adalah Kupat Tahu. Jika kalian mendapati kupat tahu pada umumnya dengan bumbu kacangnya bebeda halnya dengan kupat tahu asal purworejo ini, kupat tahu dengan bumbu yang menjadi khasnya yaitu bumbu kuah kecap yang terbuat dari gula jawa yang direbus dan rempah-remah pilihan, bisa di katakan seperti bumbu pada sate winong. Silahkan untuk mencoba sensasi kupat tahu dengan bumbu spesial kupat tahu purworejo.


Demikianlah Makanan Khas Purworejo yang Unik dan Populer semoga bisa dijadikan referensi buat kamu yang sedang berburu wisata kuliner di kota Purworejo.

Baca Juga tentang : 

Tags: #Purworejo

Wahyu Ramadhan
Puncak memang tempatnya untuk membayar semua kelelahan yang telah dilalui. Membaca dan menulis menjadi pelampiasan agar lebih produktif lagi. Bisa di ajak berbincang lewat email : wahyuramadhan[at]singgahi.com
7 Tempat Wisata Kuliner Purworejo Yang Wajib Dikunjungi
7 Tempat Wisata Kuliner Purworejo Yang Wajib Dikunjungi
Singgahi.com – Apakah kamu punya niat berlibur

Top