15 Makanan Khas Papua, Kuliner Nusantara yang Eksotis

In Makanan Khas 253 views

 

Singgahi.comMakanan Khas Papua – Papua  merupakan sebuah kepulauan yang terletak di ujung timur indonesia, papua memang menjadi salah satu daerah di indonesia yang memiliki keindahan alam yang masih alami, serta kearifan lokal kultur budaya yang masih sangat kental di lestarikan. Hal inilah yang mebuat banyak orang tergiur untuk bersinggah di Papua. Papua bisa dikatakan merupakan daerah yang masih Indonesia banget belum banyak manipulasi kultur luar yang masuk.

Mengeksplore Papua tak bisa hanya keindahan alamnya saja atau budayanya saja anda juga bisa mengetahui mengenai beberapa kearifan lokal yang menjadi khas dari papua, salah satu yang bisa anda ketahui mengenai kearifan lokalnya adalah makanan khas papua nya, terbayang keindahan papua dan budaya yang masih kental, menciptakan makanan yang seperti apa ? papua memang eksotis sama seperti makanannya.

Untuk mencoba makanan khas papua anda tidak melulu harus pergi ke papua anda juga bisa menemukan hidangannya di resto, rumah makan lainnnya atau anda juga bisa membuatnya sendiri tak perlu khawatir jika anda tidak bisa berkunjung ke papua untuk mencicipi makanan khas papua kali ini kami akan mengulas apa saja makanan khas papua yang eksotis :

Makanan Khas Papua yang Eksotis


1. Ulat Sagu

makanan khas papua

Makanan khas papua yang satu ini bisa dibilang ekstrem tentu makanan khas papua yang satu ini merupakan ulat yang berada di pohon sagu yang sudah lapuk. Biasanya ulat sagu ini diolah dengan di bakar atau di sate atau bisa juga dikonsumsi mentah tanpa dimasak dahulu. Masyarakat sekitar sangat menggemari sekali olahan makanan yang satu ini, dijadikan sebagai makanan cemilan, ulat sagu ini memiliki banyak kandungan protein didalamnya, tidak kalah dengan danging lainya jadi sangat bermanfaat bagi tubuh.


2. Ikan Bungkus

makanan khas papua

Makanan khas papua yang satu ini merupakan makanan yang berbahan dasar dari ikan, ikan yang dibungkus dengan daun, beda dengan ikan yang dibungkus pada umumnya menggunakan daun pisang. Makanan khas papua ikan bungkus ini di bungkus dengan menggunakan daun talas, pengolahan ikan bungkus ini dengan cara dibakar, citarasa ikan bakar lezat dan gurih dengan campuran rempah-rempah kahsnya yang bercampur dengan ikan dan khas pembakaran yang membuat rasa menjadi khas. Rasnya anda juga perlu mencicipi makanan khas papua yang satu ini, tidak terlalu ekstrem untuk anda coba di banding dengan ulat sagu !


3. Papeda

makanan khas papua

Papeda merupakan makanan khas papua dari indonesia timur yang terbuat dari sagu, sagu yang diolah menjadi seperti bubur yang bertektur kental, papeda memilliki rasa yang hambar karena itu papeda biasa di makan dengan ikan tongkol atau mubara yang berkuah atau makanan lainnya. Papeda merupakan olahan panganan pokok khas dari papua sebagai pengganti nasi. Tentu kandungan yang terdapat di dalam sagu sangat beragam dan memiliki manfaat sangat baik bagi kesehatan tubuh seperti karbohidrat, protein, serat dan lainnya.


4. Ikan Bakar Monokwari

makanan khas papua

Makanan khas papua yang satu ini berasal dari Monokwari, merupakan olahan ikan yang diolah dengan cara dibakar. Ikan yang digunakan dari ikan bakar monokwari ini yaitu ikan tongkol. Jika kalian singgah di papua bagian monokwari kalian bisa mencicipi makanan ikan bakar ini, kelezatan ikan bakar dengan sambalnya yang segar sangat menggugah selera.


Hal menarik lainnya :

5. Udang Selingkuh

makanan khas papua

Salah satu makanan khas papua yang satu ini memang membuat penasaran, terlihat dari namanya yang unik udang selingkuh ini cukup membuat orang dibuat penasaran seperti apa masakan udang selingkuh ini. Tak ada resep khusus dalam pembuatan masakan ini hanya saja dari namanya yang unik membuat orang penasaran. Disebut udang selingkuh ini dikarenakan udang yang dibentuk terdapat capitan seperti kepiting, dalam penyajiannya cukup biasa tidak membutuhkan bumbu khusus, udang selingkuh bisa dihidangkan dengan digoreng atau di rebus.


6. Sagu Lempeng

makanan khas papua

Seperti yang kita ketahui bahwa sagu  merupakan makanan tradisional khas papua, sagu lempeng merupakan salah satu olahan yang terkenal. Sagu lempeng juga merupakan beberapa makanan khas dari daerah lain seperti Kalimantan, Riau Dan Maluku. Pada proses pembuatannya tak jauh beda dari pembuatan roti basah pada umumnya namun bahan utama yang digunakan menggunakan Sagu.

Masyarakat Papua biasa membuat sagu lempeng hanya untuk di konsumsi sendiri sehingga jarang sekali untuk bisa menemukan sagu lempeng di warung-warung ataupun toko roti. Makanan khas Papua sagu lempeng ini paling nikmat jika disantap ketika masih panas.


7. Kue Bagea

makanan khas papua

Salah satu makanan khas papua yang terbuat dari tepung sagu. Rasa kue bagae yang gurih dan manis membuat orang ketagihan memakan makanan ini, terdapat bermacam-macam rasa juga sehingga anda bisa memilih sesuai selera kalian. Makana khas papua yang satu ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk anda ketika berkunjung ke papua, terdapat banyak di toko oleh-oleh papua untuk anda dapatkan. Anda tidak perlu khawatir jika anda berasal dari luar papua karena kue Bagae tahan lama.


8. Cacing Laut

makanan khas papua

Makanan khas papua Cacing laut ini tak hanya lezat tapi juga bergizi, bahkan beberapa orang mempercayai bahwa cacaing laut merupakan makanan sumber keperkasaan juga kejantanan pria. Makanan khas papua yang satu ini memang sangat complit sekali, tidak hanya enak tetapi memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Cacing laut biasa disajikan masyarakat papua dengan cara di goreng atau dibumbu balado bahkan sampai dijadikan sate. Makanan cacing laut ini bahkan pernah di pamerkan di acara potensi budaya daerah raja ampat .


9. Abon Gulung

makanan khas papua

Makanan khas papua yang sudah terkenal oleh orang indonesia ini memang memiliki cita rasa yang khas. Salah satu daerah di papua yang terkenal akan abon gulungnya adalah kota Sorong. Beda dari roti gulung seperti biasanya, Abon Gulung khas papua ini memiliki ukuran yang lebih besar dari roti gulung lainnya. Bukan ukurannya saja yang membuat istimewa tetapi abon yang terdapat di dalam roti yang banyak hingga cita rasanya. Anda bisa dapatkan Abon gulung ini di toko oleh-oleh di Sorong. Hanya saja roti abon gulung ini tidak tahan lama sehingga anda jangan terlalu lama membiarkannya, untuk bisa lebih awet anda bisa menyimpannya di lemari es.


10. Keripik Keladi

makanan khas papua

Keripik Keladi merupakan makanan khas papua yang terbuat dari umbi keladi yang menjadi khas dari Papua. Rasa dari makanan khas papua keripik keladi ini biasanya pedas manis serta gurih. Cita rasanya yang gurih membuat banyak orang menyukainya, apalagi sekarang terdapat produsen keladi yang menawarkan dengan beragam jenis rasa, sehingga orang-orang bisa memilih sesuai dengan seleranya dan anda juga tidak bosan dengan rasa yang itu-itu saja. Keripik keladi menjadi salah satu oleh-oleh yang sangat diminati di kota Sorong. Anda bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh Kota Sorong.


11. Kue lontar

makanan khas papua

Makanan khas papua yang satu ini dulunya berasal dari belanda, namun pada zam dahulu ada seorang penjajah yang bernama Rontart sehingga akhirnya masyarakat papua mengubah pelafalannya dengan nama Lontar. Sekarang kue Lontar ini menjadi salah sartu makanan khas papua yang sering disajikan ketika hari – hari perayaan seperti, tahun baru, ulang tahun, lebaran, natal dan acara adat lainya. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kur Lontar ini terdiri dari Teluer, tepung, susu dan terigu dan tambahan margarine.


12. Martabak Sagu

Makanan khas papua ini berasal dari kabupaten Fakfak, berbeda dengan martabak lainya yang di panggang dan berbahan dasar tepung terigu, martabak ini berbahan dasar sagu dan cara pengolahannya dengan di goreng dan memiliki bentuk yang berbeda dengan martabak pada umumnya.  Dengan tambahan saus manis dari gula merah didalamnya menambah cita rasa martabak yang menggugah selera.


13. Petatas

Makanan ini merupakan makanan khas papua yang menjadi kebutuhan pangan masyarakat papua sehari-hari. Petatas merupakan sebuah umbi-umbian yang sering kita kenal dengan ubi jalar. Letak daerah geografis papua memang kurang memungkinkan untuk menanam padi sehingga masyarakat papua menggunakan bahan pangan ubi jalar untuk kebutuhannya dan mahalnya harga padi dipapua tidak memungkinkan para masyarakat untuk bisa mengkonsumsi nasi. Petitislah sebagai bahan pangan masyarakat papua tak jauh beda dengan nasi kandungan gizi yang terdapat di petitis juga cukup memenuhi kebutuhan sebagai pengganti nasi.


14. Aunuve Habre

Mungkin bagi kalian nama ini agak asing, terlihat seperti bahasa luar yang jarang kita lihat namun kosa kata ini sebenarnnya merupakan nama dari makanan khas papua. Aunuve Habre merupakan makanan khas papua yang berbahan dasar ikan cakalang. Dalam proses pembuatannya tidak terlalu susah bahan-bahannya terdiri dari  ikan cakalang, daun talas sebagai bungkusannya,  asam jawa, garam, dan air secukupnya. Langkah pertama yang dilakukan adalah merebus daun talas hingga layu, lalua masukan ikan cakalang yang telah di beri asam jawa dan garam, kemudian kukus ikan yang sudah dibungkus dan dibumbui hingga matang.


15. Aunu Serebre

Makanan khas papua yang juga berbahan dasar dari ikan, ikan yang digunakan menggunakan ikan cakalang, cara penyajiannya ikan cakalang di potong-potong lalu dibungkus dengan menggunakan daun talas, cara pemasakannya dimasak di dalam wajan dengan air dan garam didalamnya. Makanan khas papua Aunu serebre bisa juga di santap dengan papeda.


Hal unik lainnya :

Olahan dan hidangan Makanan Khas Papua, Kuliner Nusantara yang Eksotis memang sangat unik sangat sesuai dengan kulturnya yang masih kental. Kearifan lokal dengan olahan yang unik dan kreati f membuat makan khas papua penasaran untuk mencobannya. Menjadikannya sebuah kebanggaan akan keanekaragaman kultur yang dibalut dalam kulinernnya, ini menjadi salah satu aset nusantara yang sangat potensial bagi keberlangsungan budaya seterusnya. Namuan itu hanyalah beberapa makanan khas papua yang kami ulas, masih banyak lagi makana khas papua yang belu terekspose oleh media, pengalama terbaik untuk mengtahuinya dalah datang langsung ke papua dan mencicipinya. Untuk menambah wawasan kalian yang ingin tahu tentang keanekaragaman nusantara kalian bisa kunjungi singgahi.com untuk hal-hal lainnya.

 

Tags: #kuliner papua #makanan khas papua #Papua #Raja Ampat

Wahyu Ramadhan
mari bangun dan mulai nikmati kopi !
10 Wisata Alam di Raja Ampat yang Paling Indah
10 Wisata Alam di Raja Ampat yang Paling Indah
Singgahi.com – Pada tulisan kali ini kita
Oleh Oleh Khas Raja Ampat Yang Unik Dan Filosofis
Oleh Oleh Khas Raja Ampat Yang Unik Dan Filosofis
Singgahi.com – Raja Ampat terletak di sebelah

Top