8 Makanan Khas Dayak Yang Beragam, Unik dan Populer

Tentang Makanan Khas 610 views

Singgahi.com – Suku dayak merupakan suku tertua di Indonesia yang merupakan suku pedalaman asli dari 5 pulau terbesar di Indonesia yaitu tepatnya di pulau kalimantan. Suku dayak terkenal dengan keunikan etnik dan kebudayaannya yang khas pedalaman yang terisolasi dari dunia luar, keunikan yang dimiliki suku dayak banyak publik yang ingin mengetahui tentang kehidupannya, dari seni, kebudayaan, tradisi hingga ada juga makanan khas dayak yang beragam.

Tidak heran makanan yang dimiliki suku dayakpun memilki keeunikan tersendiri, keunikan yang dimiliki suku dayak memang menjadikan orang-orang ingin tau makanan seperti apa yang menjadi khasnya, Makanan khas dayak selalu menyajikan sesuatu yang unik dari bahan bakunya maupun dalam proses pembuatannya, begitulah yang membuat khas dari makanan dayak ini hingga menyita perhatiaan orang-orang. Bagi kalian yang ingin tau makanan khas dari suku dayak seperti apa keunikannya, kita bahas dibawah apa saja makanan khas dayak yang beraneka ragam dan unik ini.

Makanan Khas Dayak Yang Beragam

  1. Juhu singkah
    Makanan khas dayak yang satu ini dikenal dengan nama Uwut nang’e dalam bahasa Dayak Maayan yang berarti Rotan Muda, atau dikenal juga dengan Juhu Singkah dalam bahasa Dayak Ngaju. Rotan mudan yang menjadi bahan utamanya masyarakat tidak susah payah mendapatkan umbut rotan ini  tanpa menanamnyapun umbut rotan sudah banyak dan mudah diperoleh di hutan-hutan kalimantan.Makanan Khas DayakDalam pengolahan makanan khas dayak ini umbut rotan dipotong kecil-kecil. Biasanya umbut rotan dimasak dengan terong asam dan ikan baung dengan cita rasa asam, gurih dan kepahit-pahitan serta rasa manis yang dihasilkan ikan menciptakan cita rasa umbut rotan yang khas.
  2. Kalumpe / Karuang
    Makanan khas dayak yang kedua adalah Kalumpe, dalam bahasa Dayak Mayan yang berarti sayuran sedangkan dalam bahasa Dayak Ngaju sayuran disebut Karuang.  Sayuran yang berasal dari tumbukan daun singkong halus  dengan terong pipit atau terong kecil degan tambahan bumbu masakan bawang merah, bawang putih, lengkuas dan serai yang ditumbuk halus serta cabai sesuai selera, ketika cuaca sedang panas kalumpe sangat nikmat jika pedas ditambahkan cabai. Sebagai pelengkanya masakan kalumpe/kaluang ini biasa dihidangkan dengan ikan asin dan sambal terasi.
    makanan khas dayak
  3. Wadi
    Wadi makanan khas dayak yang tidak bisa orang sembarangan dalam pengolahannya karena jika terjadi kesalah sedikit dalam pemberian bumbu dan pengolahannya makanan wadi tidak terasa enak bahkan sampai tidak layak dimakan, hanya orang-orang yang ahli yang sudah berpengalaman yang bisa memasaknya.
    Wadi ini merupakan makanan yang dibusukan fermentasi dengan berbahan dasar daging babi. Dalam pengolahannya makanan khas dayak yang satu ini daging babi sebelum dilakukan fermentasi/pembusukan dilumuri dengan bumbu yang dalam bahasa Dayak Maayan disebut Sa’ma  ataupun dengan bahasa Dayak Ngaju dengan sebutan Kenta. Bumbu yang terbuat dari beras ketan putih ataupun dengan biji jagung yang disangrai hingga kecoklatan lalu di haluskan dengan ditumbuk atau blender.

    Proses pembuatan makanan khas dayak wadi dalam pengolahannya daging dibersihkan terlebih dahulu, kemudian direndam dengan air garam selama 5-10 jam, setelah perendaman daging ditiriskan hingga kering, setelah cukup kering daging dibaluri dengan Sa’mu sampai merata kemudian disimpan ditempat yang kedap udara biasanya dalam kotak kaca, stoples, atau pelastik kedap udara, setelah disimpan dalam wadah kedap udara lalu daging dibiarkan selama 3-5 hari atau sampai 1 minggu, setelah proses pembusukan/fermentasi selesai baru wadi bisa dimakan dengan digoreng terlebih dahulu.

  4. Bengamat/Paing
    Makanan khas dayak yang satu ini merupakan makan yang berbahan dasar dari kelalawar besar atau sering dikenal juga dengan nama Kalong. Jenis kelalawar yang digunakan dari masakan dayak ini adalah kelalawar besar pemakan buah-buahan bukan kelalawar sang pemakan serangga ataupun penghisap darah.
    Dalam proses pembuatanya paing terlebih dahulu dibersihkan dari kuku, bulu kasar diantara tekuk dan punggung sampai ususnya. Bulu dan sayap dibiarkan dimasak. makanan khas dayak Bengamat biasa dimasak dengan sayur hati batang pisang yang dipotong-potong, batang pisang yang digunakan dari batang pisang kipas. Ataupun dimasak dengan bumbu daun Piakuk yang memiliki rasa asam dan campuran serai. Bisa juga dimasak dengan Sulur Keladi yang dipotong-potong.
  5. Botok Daun Mengkudu
    Botok merupakan kata yang mengibaratkan pembungkusan ikan dengan menggunakan daun mengkudu. Yaaa makanan ini berbahan baku ikan, beberapa jenis ikan yang dipakai diantaranya tongkol, tenggiri dan senangin. Ikan-ikan yang digunakan ikan yang memiliki tekstur lembut sehingga menciptakan aroma makanan khas dayak dari bumbu yang mudah meresap.makanan khas dayak
    Proses pembuatanya makanan khas dayak ini, ikan yang sudah bersih dan dipotong berukuran sekitar 3-4 cm dilumuri dengan daun kunyit yang dipotong halus dan bumbu-bumbu penyedap lainnya, lalu ikan dibungkus dengan menggunakan daun mengkudu, dan dimasukan tiap bungkusan cabe rawit lalu di ikat dengan tali,  setelah itu botok di masukan pada rebusan santan dan bumbu yang sudah dicampur, ketika sudah masak rebusan ikan menjadi empuk dan kuahnya mengental.
  6. Kue Dange 

    Kue dange merupakan makanan khas dayak yang banyak digemari membuat orang tertarik. Dange merupakan makanan cemilan yang lezat. Bagi kalian yang suka dengan cemilan  kue manis, dange ini bisa menjadi pilihan

    makanan khas dayak

    Kue dange terbuat dari tepung terigu dengan parutan kelapa dan gula, adonan dicitak dalam pemanggangan khusus dange. Rasa manis dan gurih dari sari pati parutan kelapa membuat dange banyak digemari.  Biasanya kue dange banyak dijumpai pada acara perayaan –perayaan adapun yang dijual.

  7. Kue Tampi
    Kue tampi makanan khas dayak yang wajib hadir dalam sajian ketika upacara adat berlangsung. Kue yang tidak kalah menarik dari kue-kue lain. Keu tampi ini berukuran kecil-kecil terbuat dari adonan tepung beras yang digoreng, yang menjadi uniknya adalah kue tampi sendiri tidak memiliki rasa. Jika kalian penasaran apakah betul kue tampi tidak memiliki rasa kalian bisa berkunjung langsung menikmati kue tampi.makanan khs dayak
  8. Kue lepet
    Lepet yang dalam bahas Dayak adalah lipat, lepet merupakan makanan khas dayak yang dilipat begitu kira-kira, kue lepet biasa digunakan dalam upacara-upacara adat dayak sebagai sajian, kue lepet tebuat dari beras yang ditumbuk hingga menjadi tepung (tepung beras) sebagai adonannya.makanan khas dayakProses pembuatannya makanan khas dayak ini adonan tepung beras dimasukan pada daun pisang yang sudah dilumuri minyak goreng agar tidak lengket dengana ukuran yang sudah diatur. Lepet didalamnya terdapat isian, sebagai isiannya dikasih kelapa parut dan gula merah cair dan ditutup hingga rapat, selanjutnya lepetan dikukus hingga matang.

Baca juga : Makanan khas sulawesi

Demikianlah makanan khas dayak yang beragam dan unik. Bagaimanapun makanan bisa menjadi salah satu identitas suatu daerah, kelompok ataupun golongan dengan kepribadian suatu daerah menjadikan makanan memilki keberagam bentuk, cara, dan rasa yang berbeda. Demikian itulah beberapa makanan khas suku dayak yang memiliki keberagaman dan keuiniknya tersendiri.
Temukan keberagaman nusantara lainnya di website kami, mari singgahi.

Tags: #Dayak

Sarah Ahadiyah
Penulis : 
Cuma orang yang biasa aja, sukanya jalan-jalan. Mencoba menjadi penulis di singgahi.com , kalo mau menghubungi aku , bisa lewat email sarahahadiyah[at]singgahi.com
No related post!