Makanan Khas Banjarmasin yang Paling Dicari

Tentang Makanan Khas 172 views

Singahi.com –  Makanan Khas Banjarmasin -Banjarmasin yang merupakan kota terbesar dan terpadat di Pulau Kalimantan ini memang menyimpan banyak keunikan akan keberagamnnya, kota yang memiliki hamparan sungai yang luas ini menjadikan beberapa keunikan didalamnya yang beberapa menjadi tempat wisata diantaranya seperti pasar terapung, pulau kembang, jembatan barito dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya, namun tidak itu saja yang menjadi hal menarik dari Banjarmasin.

Salah satu yang jangan kalian lewati ketika berkunjung singgah di Kota Banjarmasin adalah makanan khas nya yang harus kalian coba. Mungkin hal ini menjadi hal penting juga yang tidak tertulis ketika travelling.

Berikut daftar makanan khas Banjarmasin yang jangan sampai terlewatkan dengan bumbu khas banjarmasin menambah sensasi rasa trevelling anda :


Makanan Khas Banjarmasin yang Populer


1. Lontong Orari

makanan khas banjarmasin

Lontong Orari merupakan Makanan Khas Banjarmasin yang berupa lontong berbentuk segitiga lebar serta pipih ini disajikan dengan kucuran kuah Opor Nangka dengan menu teman lainnya seperti potongan daging ayam atau Ikan Haluan dan satu buah telur serta taburan bawang goreng diatasnya.

Lontong Orari sendiri nama orari di ambil dari komunitas ORARI (Organisasi Radio Amatir Indonesia). Buat kalian yang ingin mencoba,makana khas banjarmasin yang satu ini, tinggal dateng ke kalimantan dan dateng ke Banjarmasin lalu cari tempat yang menyediakan menu Makanan Khas Banjarmasin lontong orari.

Rekomendasi tempat buat kalian yang menyediakan di Rumah Makan Lontong Orari beralamat di Jln. Pahlawan, Simpang kabel, Banjarmasin. Rumah makan buka dari pukul 19.00-07.00 siap melayani dengan kelezatan Lontong orari.


2. Ketupat Kandangan

makanan khas banjarmasin

Makanan Khas Suku Banjar, ketupat kandangan yang terdiri dari potongan ketupat, bumbu kuah santan dan ditambah dengan lauk ikan haruan atau juga bisa telur bebek asin.

Ada cara yang beda dari cara menyantap ketupak kandangan khas banjar yaitu sebelum menyantapnya ketupat diremas terlebih dahulu menggunakan tangan hingga hancur lalu dicampur dengan kuah santannya.

Bagi anda yang ingin mencoba ketupat kandangan warung mama dina yang berada di Jln. Pangeran Antasari tepat di seberang Hotel Blue Atlantic. Warung Mama Dina merupakan tempat wisata kuliner di Banjarmasin yang Recommended untuk anda para wisatawan atau kalian warga lokalnya. Silahkan datang  ke warungnnya Mereka buka dari pukul 07.00 hingga 10.00 pagi saja.


3. Soto Banjar Makanan Khas Banjarmasin

maknan khas banjarmasin

Soto Banjar merupakan Makanan Khas Banjarmasin yang populer dengan rasa selera Nusantara, menjadikan soto ini salah satu buruan di Banjarmasin, soto yang disajikan dengan kuah yang benih beda dari soto pada umumnya menggunakan kuah santan, namun tidak mengurahi kenikmatan dari soto Banjar ini, satu porsi lontong banjar disajikan dengan perkedel kentang, potongan telur ayam, irisan wortel dan soun.

Aroma yang dipunyai soto banjar memang menggugah selera makan apalagi di tambah dengan potongan paha ayam kampung goreng. Menambah kesempurnaan rasa dari  Makanan Khas Banjarmasin ini.


4. Udang Bakar Makanan Khas Banjarmasin

makanan khas banjarmasin

Banjarmasin yang luas akan sungainya menjadikan potensi akan hasil sungai yang didapatkan, salah satu hasil dari Sungai Banjar adalah udangnya yang menjadi Makana Khas Banjarmasin.

Jika anda berkunjung ke Banjarmasin tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi udang bakar hasil dari sungai banjarmasin ini. Dengan porsi antara 2-3 udang yang berukuran besar dan daging yang padat anda akan puas ketika menyantapnya.


5. Patin Bakar dan Pepes Patin

makanan khas banjarmasin

Salah satu ikan yang mudah sekali di temui di Kalimantan, menjadi salah satu potensi  dari sungai Kalimantan juga. Mak tak heran jika banyak menjumpai patin di Banjarmasin, masyarakat sendiri serig mengolah ikan pati dengan di bakar dan di pepes dengan kelembutan daging yang dimiliki ikan patin, menjadikan sensasi tersendiri ketika menyantapnya diantara sungai Banjarmasin.

Patin Bakar sendiri dibumbui dengan bumbu kecap dan Pepes Ikan Patin atau dengan sebutan lain Pesmol Patin, dibumbui dengan kemangi, tomat dan rempah-rempah khas dari Kalimantan selatan.


Baca juga :

Demikian itulah beberapa ulasan mengenai Daftar makanan khas banjarmasin yang paling dicari ketika para trevelling mengunjungi kota Banjarmasin. Pantas memang makanan khas Banjarmasin banyak dicari karena memiliki cita rasa yang lezat dengan keunikan sajian khas banjarmasin dengan bumbu-bumbu yang beragam. Semoga bahasan ini bisa bermanfaat untuk anda yang mencari makanan khas banjarmasin yang populer dan paling dicari.

Tags: #Banjarmasin #makanankhas

Sarah Ahadiyah
Penulis : 
Cuma orang yang biasa aja, sukanya jalan-jalan. Mencoba menjadi penulis di singgahi.com , kalo mau menghubungi aku , bisa lewat email sarahahadiyah[at]singgahi.com